Arisan Pamong, Tradisi Baik Perangkat Desa Sawahan

Riskianto, A.Md. 19 Januari 2020 14:19:21 WIB

Sawahan (SID) – Kemajuan suatu Desa memang sangat bergantung kepada peran dari kepemimpinan Kepala Desa dalam memimpin para Perangkat Desa. Perangkat Desa yang kompak untuk satu tujuan memajukan desa tentunya akan menjadi penentu keberhasilan Desa tersebut disamping memang partisipasi aktif lembaga dan masyarakat desa.

Desa Sawahan sangat menjunjung tinggi nilai kekompakkan Perangkat Desa untuk mewujudkan Desa yang kondusif dan maju. Kepala Desa Sawahan, Suprapto selalu menanamkan nilai-nilai kebersamaan bagi Perangkat Desa Sawahan yang merupakan sebuah tradisi bagi seluruh Perangkat Desa Sawahan.

Tradisi baik tersebut diwujudkan dengan kegiatan konkret yaitu diadakannya arisan pamong yang dilaksanakan setiap sebulan sekali. Arisan tersebut diadakan secara bergilir sehingga silaturahmi antar Perangkat Desa selalu terjaga. Selain itu dengan bertemunya Perangkat Desa diacara non formal tersebut membuat suasana lebih santai tetapi tetap bisa melakukan pembahasan program-program desa.

Selain itu, Perangkat Desa juga mempunyai tradisi ‘tilik’ atau jenguk keluarga pamong yang sedang sakit. Hal tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Perangkat Desa terhadap Perangkat Desa yang lain sehingga kebersamaan akan kental terasa. Dengan kebersamaan dan kekompakkan tentunya tujuan dari Pemerintah Desa dalam pembangunan akan semakin cepat terwujud. Prinsip 'Rukun Agawe Santosa' benar-benar diterapkan.

Mudah-mudahan tradisi yang diwariskan oleh Perangkat Desa terdahulu tersebut tetap dapat terus dilestarikan sehingga kekompakkan dan kebersamaan akan terjalin dan dapat bersinergi untuk pembangunan Desa Sawahan ini. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM

Lokasi Sawahan

tampilkan dalam peta lebih besar