Optimalisasi Peran TKPK Desa, Pemerintah Desa Melibatkan Kader

Riskianto, A.Md. 19 Januari 2020 14:43:31 WIB

Sawahan (SID) – Kinerja Kader Desa Sawahan sudah tidak bisa diragukan lagi terutama dalam mengabdikan diri di bidang kesehatan, pengendalian penduduk, dan sebagainya. Mulai tahun 2019, Pemerintah Desa Sawahan mulai melibatkan Kader yang disebut Kader Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk membantu proses updating data yang dilakukan oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Desa.

Riskianto, A.Md. Kasi Pelayanan Desa Sawahan menjelaskan bahwa konsistensi dan keseriusan Kader untuk membantu pelaksanaan program-progam Pemerintah Desa bisa diandalkan, sehingga mulai tahun 2019 ini Pemerintah Desa akan melibatkan Kader DTKS dalam berbagai kegiatan, terutama permasalahan kesehatan dan sosial kemasyarakatan.

Kader DTKS saat ini didorong untuk bisa berkoordinasi dengan pemangku wilayah masing-masing Padukuhan untu turut mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan yang ada di masyarakat sehingga bisa dibawa ke tingkat desa dan bisa terakomodir oleh berbagai kebijakan mulai dari Pemerintah Desa sampai dengan tingkat Pusat.

Contoh konkret kegiatan Kader DTKS yakni melakukan isian data verifikasi DTKS yang dikelola melalui aplikasi SIKS-NG yang bisa diteruskan kepada pengolah data Pusdatin di tingkat Pusat.

Harapannya Kader DTKS yang dibentuk oleh Pemerintah Desa Sawahan dapat mendorong optimalisasi peran dari TKPK Desa untuk mengatasi permasalahan-permasalahan data perlindungan sosial saat ini. (rizkya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM

Lokasi Sawahan

tampilkan dalam peta lebih besar