Persiapan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa 2020

Riskianto, A.Md. 10 Mei 2020 17:08:28 WIB

Sawahan (SIDA) – Sabtu (09/05) pagi Pemerintah Desa Sawahan melaksanakan koordinasi dan persiapan program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun 2020 di Balai Desa Sawahan. Acara tersebut dilaksanakan dengan menghadirkan Kepala Desa, Ketua BPD, Babinsa & Bhabinkamtibmas serta Relawan Desa Lawan Covid-19 yang akan bertugas melakukan pendataan calon penerima BLT-DD 2020.

Pada kesempatan tersebut dibahas terkait dengan teknis pelaksanaan pendataan sesuai petunjuk dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Dari petunjuk teknis yang diberikan, sasaran dari calon penerima BLT-DD 2020 adalah warga miskin yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan belum menerima Program PKH/BPNT/Pra Kerja dan program-program sejenis dari Pemerintah. Selain itu warga miskin yang tidak masuk dalam DTKS dan belum terdata/anggota keluarga rentan sakit/kehilangan pekerjaan juga bisa diusulkan melalui program BLT-DD 2020.

Kuota untuk BLT-DD 2020 di Desa Sawahan sebesar Rp. 350-an juta atau 30% dari total Dana Desa (DD) sehingga hanya dapat mengcover maksimal 195 keluarga. Hal tersebut memaksa Tim Pendata yang terdiri dari unsur Perangkat Desa, BPD, Kader DTKS, dan tokoh masyarakat yang berkoordinasi dengan perangkat Padukuhan RT/RW bekerja ekstra keras untuk menyaring warga yang benar-benar layak dan menjadi prioritas penerima BLT-DD 2020.

Setiap penerima BLT-DD akan menerima Rp. 600.000,00 per bulan yang akan diterimakan sebanyak 3 bulan. Semoga pelaksanaan proses pendataan di tingkat RT dan Padukuhan bisa berjalan dengan baik agar data calon penerima program BLT-DD 2020 benar-benar tepat sasaran sesuai dengan harapan masyarakat. (rizkya)

Komentar atas Persiapan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa 2020

Riyanto 28 Mei 2020 01:31:45 WIB
saya hanyalah seorang pedagang?udah dari awal pertngahan maret gak bisa dagang...pdahal saya jga kehilang mata pencaharian sehari2.kataya mantunya seorang pensiun Pns.terus apa hubungannya??yg jelas gak bisa jualan ya gak makan.. sampe skrang tapi kok yow juga engak dapet...mohon kebijakannya...trimakasih
Erfiana 17 Mei 2020 15:57:28 WIB
Tolong disurvei kembali, Saya punya rumah pun hsil merantau 10 tahun keluar jawa... Anak Saya msih kcil²... Pkh pun ngk dpat... Ladang Saya ngk punya cuma rumah itu lah, Saya ninggal kn anak² supaya bisa mkan... Tpi knpa mereka yang sudah lebih² yang dpat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM

Lokasi Sawahan

tampilkan dalam peta lebih besar