Validasi Calon KPM Baru Program PKH Tahun 2021

Riskianto, A.Md. 30 Januari 2021 08:37:47 WIB

Sawahan (SIDA) – Pada awal tahun 2021 ini terdapat penambahan calon KPM PKH yang akan segera dilaksanakan verifikasi dan validasi data di lapangan. Dari 172 calon KPM BST dan 509 non BSP se Kapanewon Ponjong, terdapat 90 calon KPM PKH baru untuk Kalurahan Sawahan.

Informasi dari Pendamping PKH Kapanewon Ponjong bahwa proses verifikasi dan validasi akan dilaksanakan secara langsung/visitasi kepada calon KPM sehingga bisa melihat kondisi faktual di lapangan. Pendamping PKH juga terus berkoordinasi dengan Dukuh dan Pemerintah Kalurahan agar proses verifikasi validasi berjalan dengan baik.

Riskianto, A.Md. Kasi Pelayanan Kalurahan Sawahan menjelaskan bahwa ‘by name’ calon KPM sudah ditentukan oleh Pemerintah Pusat sehingga tidak bisa diganti. Namun demikian, Pemerintah Kalurahan saat ini telah mendapatkan akses pemutakhiran data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) melalui aplikasi SIKS-NG offline dimana Pemerintah Kalurahan dapat melakukan pemutakhiran indikator data DTKS sehingga dapat memberikan input kepada Pemerintah Pusat.

“Pemerintah Kalurahan tidak bisa menentukan kaya dan miskin, hanya menyampaikan data faktual di lapangan berupa komponen indikator yang nantinya akan diolah oleh Pemerintah Pusat” tegas Riski.

Secara teknis pelaksanaan pemutakhiran dilasksanakan melalui proses Musyawarah Kalurahan menentukan perbaikan atau pengusulan data DTKS baru yang selanjutnya diinput melalui SIKS-NG offline, kemudian disinkronisasi oleh Dinas Sosial ke Pusdatin Kementrian Sosial.

Harapannya data yang dilakukan verifikasi dan validasi sesuai dengan fakta di lapangan sehingga program tersebut tepat sasaran. (rizkya/foto: arif)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM