Kelanjutan Usulan Jaminan Kesehatan?

Riskianto, A.Md. 23 November 2016 21:41:14 WIB

Maaf Pak ingin bertanya bagaimana kelanjutan dari pendaftaran Jaminan Kesehatan yang telah diusulkan pada beberapa waktu yang lalu. Mohon Penjelasannya. Terimakasih. (Pertanyaan dari Ahmad Safei Lasiyar)

 

Terimakasih Bapak Ahmad Safei Lasiyar, Semoga kita diberikan kesehatan selalu. Amin.

Menanggapai pertanyaan Bapak berkaitan dengan usulan pendaftaran Jaminan Kesehatan yang telah diusulkan bahwa yang akan menjadi prioritas adalah kategori bayi lahir dari pemegang Jamkes PBI dan data tercecer dari pemegang Jamkes PBI. Untuk kategori tersebut sudah kita usulkan melalui TKPK Desa. Berdasarkan informasi dari Dinsosnakertrans Kabupaten Gunungkidul bahwa saat ini untuk kategori tersebut masih dalam tahap pencetakan kartu, sehingga memang kita harus sabar menunggu karena proses data yang diusulkan harus melalui proses verifikasi dan purifikasi data. Harapannya data yang diusulkan tersebut bisa segera dicetak dan disalurkan kepada yang berhak.

Sedangkan untuk kategori miskin baru memang harus mengurus secara mandiri mulai dari TKPK Desa, TKPK Kecamatan, dan Dinsosnakertrans. Setelah data diterima, Dinas Sosial akan memverifikasi secara langsung dengan mengunjungi yang bersangkutan untuk melihat kondisi apakah yang bersangkutan benar-benar layak menjadi peserta Jamkes PBI karena di lapangan memang banyak yang tidak layak.

Pada saat ini masih dibuka pendaftaran bagi warga miskin yang tidak mampu dan tidak mempunyai Jaminan Kesehatan. Diharapkan kepada masyarakat kurang mampu untuk segera mendaftarkan diri karena memang proses tidak bisa langsung jadi karena melalui proses tahapan. Bagi bayi lahir dari pemegang Jamkes PBI bisa langsung mendaftarkan diri ke Kantor BPJS. Untuk anggota keluarga miskin yang tercecer bisa diusulkan secara kolektif melalui TKPK Desa, sedangkan untuk miskin baru bisa mendaftarkan diri ke TKPK Desa untuk mengurus secara mandiri setelah mendapatkan rekomendasi dari TKPK Desa. Jika ada hal yang kurang jelas bisa datang langsung ke Balai Desa Sawahan untuk mendapatkan penjelasan. Terimakasih. (Jawaban dari Riskianto, A.Md. - Kabag Kesra Desa Sawahan)

 

Sumber Foto: news.fajarnews.com

Komentar atas Kelanjutan Usulan Jaminan Kesehatan?

Agus 24 November 2016 21:39:08 WIB
Semangat terus pak kesra..
Ahmad Safei 23 November 2016 22:14:16 WIB
Mudah"an tidak.terjadi ketimpangan.yg miskin tdk.dpt yg kaya malah dpt.nuwon.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM

Lokasi Sawahan

tampilkan dalam peta lebih besar