Cara Mendaftarkan Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Riskianto, A.Md. 12 Januari 2017 11:52:05 WIB

Pak, anak saya tidak punya Kartu Indonesia Pintar (KIP). Bagaimana supaya anak saya bisa mendapatkan KIP? (Pertanyaan dari Ibu Rika Lukmanawati – Sendang II)

Terimakasih Ibu Rika atas pertanyaannya. KIP merupakan penanda atau identitas dari penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Pemerintah Pusat yang merupakan kerjasama dari 3 Kementrian yaitu Kemendikbud, Kemensos, dan Kemenag. PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar).

Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Pertanyaan Ibu, apabila terdapat siswa miskin yang belum memperoleh KIP bagaimana agar mendapatkan KIP? Informasi resmi dari Kemendikbud apabila siswa yang berasal dari keluarga miskin belum mendapatkan KIP siswa dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya ke lembaga pendidikan terdekat. Jika siswa tersebut tidak memiliki KKS, orang tuanya dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran. (Jawaban dari Kasi Pelayanan – Riskianto, A.Md.)

 

Sumber Foto: www.edupublik.com

Komentar atas Cara Mendaftarkan Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Idris jalil 01 Desember 2020 19:07:30 WIB
Padal kami keluarga kurang mampu tapi tak pernah mendapatkan kartu apapun untuk anak kami yang lagi butuh biaya sekolahnya
Idris jalil 01 Desember 2020 19:04:40 WIB
Pak. Anak says tiga -tiganya tak pernah mendapatkan bantuan apapun dari sekolahnya. Yang satu SD. Satunya SMP. Dan satunya lagi SMK. Padahal kami salah satu keluarga kurang mampu. Mohon penjalasa pak.
Rachman fahrudin 13 September 2020 10:09:36 WIB
Cara mendaftar Kartu Indonesia Pintar bagaimana
Abyan fadli hutabarat 12 September 2020 16:01:56 WIB
Saya pengen dapat kartu kip
Abyan fadli hutabarat 12 September 2020 16:00:56 WIB
Saya punya anakn3 smua lagi bersekolah saya blm pernah dapat bantuan... Apapun dari sekolah..
Joko maryono 31 Agustus 2020 10:03:42 WIB
Saya kepengin dpt bantuan dr pemerintah utk anak2 saya agar dlm kegiatan belajar bisa berhasil dengan lancar tanpa kendala masalah biaya.Terima kasih.
M. Violetta 28 Agustus 2020 23:04:36 WIB
Keluarga saya termasuk keluarga dengan ekonomi menengah kebawah dan ga dapat bantuan dari pemerintah, alasannya karena masih 'terlihat' mampu. Padahal ekonomi keluarga saya bisa terbilang cukup buruk. Waktu ingin buat KIP, alasan pengurus nya 'keluarga ini punya mobil'. Padahal mobil yang ada itu juga mobil cicilan, lagipula itu digunakan oleh ayah untuk bekerja karena ayah hanya memiliki kemampuan berkendara. Saya jadi bingung sendiri sama nasib saya.
Kusyanta 22 Juni 2020 11:52:44 WIB
Percayalah pemerintah selalu memperbaiki data masyarakat,cuma melalui proses yang butuh waktu dan data yang lebih reil,tidak segampang ngatur satu ataupun dua orang,kita semua perlu sabar
Khusnul khotimah 15 Juni 2020 09:07:52 WIB
Saya dari SD sampai SMA tidak pernah dapat bantuan padahal keluarga saya kurang mampu
Ambar styawan 10 Mei 2020 12:36:35 WIB
Saya pengen dapet karyu pip
Zahwa fitria ramadhani 08 Mei 2020 17:06:36 WIB
Anak saya dari mi sampai smp ngak pernah dpt bantuan dari sklh padahal kita dari kluarga kurang mampu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM

Lokasi Sawahan

tampilkan dalam peta lebih besar