Kitiran: Salah Satu Mainan Tradisional Legendaris Yang Sepi Peminat

Riskianto, A.Md. 18 September 2017 09:53:04 WIB

Sawahan (SIDA) – Kitiran merupakan permainan tradisional legendaris yang keberadaanya saat ini mulai surut peminat. Kitiran merupakan mainan berupa baling-baling yang dapat mengeluarkan suara unik yang dapat dimainkan hanya pada saat musim kemarau. Kitiran terbuat dari bambu atau kayu khusus yang dilengkapi dengan aksesoris berupa tiang dan ‘obal-obal’ yang terbuat dari ‘blarak’ daun kelapa yang berfungsi sebagai penyeimbang.

Pada saat tertiup angin kitiran akan berputar, kemudian setelah angin surut akan ‘ngandul’ mengeluarkan suara yang unik. Dahulu anak-anak sampai orang dewasa rela menghabiskan waktu untuk ‘manjer’ atau memasang kitiran bahkan menunggui sampai larut malam di bukit dipasangnya kitiran tersebut.

Kitiran menjadi salah satu hobi yang menarik. Namun seiring perkembangan teknologi yang berkembang pesat, keberadaan mainan tradisional kitiran sepi peminat. Kepala Desa Sawahan, Suprapto menyadari bahwa kitiran merupakan warisan luhur yang perlu dilesatarikan sehingga dirinya pun dengan semangat masih melestarikan budaya tersebut.

“Saat ini saya bersama beberapa warga juga aktif ‘manjer’ kitiran di bukit Cataan, tentu ini bukan hanya sekedar hobi, tetapi merupakan bentuk pelestarian permainan tradisional” ungkap Suprapto.

Suprapto berharap agar permainan tradisional tersebut bisa terus lestari agar menjadi identitas budaya original yang menjadi kebanggaan tersendiri. Semoga upaya Pak Kades tersebut dapat diikuti oleh warga masyarakat yang lain sehingga minat terhadap permainan tradisional di tengah gerusan teknologi canggih ini dapat meningkat. (rizkya)

Foto: Suprapto

Komentar atas Kitiran: Salah Satu Mainan Tradisional Legendaris Yang Sepi Peminat

16 September 2018 23:03:40 WIB
Pasekan eromoko wonogiri masih ada gan walau mesti gak lg sebayak dulu, disini boleh tanya gan cara buat kitiran biar bisa ngandul seru gimana, aqu bikin biasa cuma ngumbang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM

Lokasi Sawahan

tampilkan dalam peta lebih besar